MASIGNCLEAN101

Ikan Betik

iklan banner

 

ikan bethik

Ikan Betik atau Betok (Jawa dan Sunda), Ikan ini bentuknya lonjong, ke belakang lebih pipih, kepala besar, dan mulut tidka dapat disembulkan. Seluruh permukaan badan termasuk kepalanya bersisik kasar dan besar-besar. Badan berwarna coklat agak hitam kehijauan.

Ikan ini ditemukan di rawa-rawa, sungai kecil dan parit-parit, juga pada kolam yang mendapatkan air banjir atau berhubungan dengan saluran terbuka. 

Ikan ini pancen cepat berkembang biak dan saat air keruh pun bisa bertahap hidup, hingga pH antara 4-8, ikan ini saat kena lumput sedikit berair bisa bertahan tidak mati, kecuali lumpurnya sudah kering. Wajar jika banyak anak-anak di Kampung pedesaan saat goler ikan di sawah sering kali dapat ikan betok atau ikan betik.

ikan papuyu


Ternyata ikan betik ini makannya aneka serangga dan hewan-hewan air yang berukuran kecil, ikan ini bernafas dalam air dengan insang. Karena ikan ini punya organ labirin di kepalanya sehingga ikan ini sangat mudah cepat pindah ke tempat lain yang masih berair. 

Ikan ini mampu merayap naik dan berjalan di daratan dengan menggunakan tutup insang yang dapat dimegarkan dan berlaku sebagai semacam kaki depan.

ikan bethik muda


Kalau ikan ini dipancing cepat dapat, umpan yang sering masyarakat pakai adalah cacing dan umpan lainnya yang biasa dijual di pasaran, ada juga yang pakan berbahan kroto yaitu telur dari semut rangrang yang biasa membuat sarang pada daun. Ikan ini juga senang dengan nyamuk atau larva yang lain.

Share This :
kovic