MASIGNCLEAN101

Manfaat buah cerry

iklan banner
buah cerri


Ketika waktu kecil dulu pernah nggak sih anda mencicipi buah berukuran kecil berwarna merah yang bentuknya akan mengingatkanmu dengan buah ceri? Ya, buah itu tidak lain adalah buah keres (begitu saya sebut waktu masa kecil dulu). Bentuknya memang sekilas mirip dengan buah ceri, akan tetapi keduanya merupakan dua buah yang berbeda.Buah Kersen atau keres ini mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara teratur.

Pohon ini memiliki buah berukuran kecil dan manis berwarna merah cerah saat matang. Pohon buah yang mempunyai nama latin Muntingia calabura ini mudah ditemui di mana saja karena merupakan tumbuhan liar. Pohonnya yang rindang biasanya dijadikan tempat berteduh bagi tukang becak di Indonesia.

buah keres


Keberadaannya yang hanya sebagai peneduh di pinggir jalan sering membuatnya tidak terlalu dihiraukan bahkan dianggap sepele. Padahal baik pohon, daun dan buahnya, masing-masing memiliki manfaat serta berkhasiat bagi tubuh lho. Seperti daunnya yang ternyata bisa dijadikan semacam teh yang berkhasiat bagi tubuh.

1. Sumber antibiotik alami.


Salah satu hal yang menjadi perhatian besar di dunia medis adalah berkembangnya bakteri yang semakin kuat terhadap obat antibiotik. Kabar baiknya adalah buah keres merupakan sumber antibiotik alami. Para peneliti menemukan bahwa keres memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik yang biasa digunakan dalam dunia medis. Bahkan beberapa peniliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah keres.

2. Kaya akan vitamin C.

buah cerry



100 gram buah keres sama dengan 150 miligram vitamin C. Seperti yang sudah diketahui, bahwa vitamin C dapat membantu mencegah penyakit flu dan demam, mengandung antioksidan yang tinggi, dan bahkan mampu memulihkan beberapa tipe penyakit yang berhubungan dengan jantung.


3. Mengurangi rasa sakit akibat encok.


Encok merupakan nyeri dan peradangan yang terjadi ketika terlalu banyak asam urat yang mengkristal dan menumpuk pada sendi. Biasanya hal ini terjadi ketika seseorang mengonsumsi terlalu banyak makanan tertentu dan meminum sedikit air. Meskipun buah keres tidak bisa menyembuhkan encok, tetapi dengan mengonsumsi 9-12 buah keres dalam 3 kali sehari, akan mengurangi rasa sakit dari penyakit encok.


4. Meredakan sakit kepala.


Orang yang menderita sakit kepala yang hebat biasanya diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah. Ternyata buah keres dapat merelaksasikan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan normal kembali.


5. Baik untuk penderita diabetes.


Meski memiliki rasa yang manis tetapi buah keres baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan buah keres dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Dengan pemakaian yang teratur, dapat mengurangi obat-obatan yang dikonsumsi penderita diabetes.

6. Tinggi antioksidan.


Sebuah studi menunjukkan bahwa buah keres mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan kandungan yang bertugas untuk mnguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

7. Mengandung nutrisi penting.


Buah keres sendiri mengandung serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin B. Dnegan berbagai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, tidak mengherankan jika buah keres dijadikan sebagai bahan pokok dalam beberapa makanan di dunia. Seperti selai, agar-agar atau dimakan secara langsung. 

Share This :
kovic