MASIGNCLEAN101

Hal sepele yang membuat laptop jadi cepat rusak

iklan banner
Notebook atau Laptop masih menjadi pilihan bagi sebagian orang dalam mengerjakan berbagai hal, misalkan saja tugas, pekerjaan, dan lain sebaginya. Meskipun teknologi smartphone telah bekembang kearah yang lebih modern, tapi nyatanya perangkat laptop masih belum bisa digantikan oleh teknologi mobile.
Saat membeli laptop pastinya kita  menginginkan perangkat tersebut bisa berjalan bertahun-tahun dengan lancar tanpa mengalami kerusakan. Tentunya kita semua ingin membeli laptop yang benar-benar dapat diandalkan untuk menunjang berbagai aktivitas.
Namun sayang, sekuat-sekuatnya laptop yang kita gunakan tapi apabila dalam penggunaannya kita sering mengalami kesalahan, yang pada akhirnya membuat performa laptop menurun bahkan menjadi rusak. Maka demikian, ketahui 6 kebiasaan kecil yang membuat laptop cepat rusak.

1. Jangan Menutup Laptop Dalam Kondisi Hidup
laptop mati

Menutup laptop dalam kondisi hidup tentunya sangat tidak dianjurkan. Banyak yang meyakini bahwa hal tersebut akan membuat laptop cepat rusak, terlepas dari benar atau tidaknya. Namun untuk menghindari kejadian tersebut, ada baiknya jika selesai menggunakan laptop maka matikan (Shut down) laptop anda terlebih dahulu.
Menutup laptop dalam kondisi hidup digadang-gadang akan membuat mesin laptop menjadi panas, dan hal itulah yang kemudian memicu kerusakan pada komponen-komponen tertentu pada bagian laptop.
2. Jangan Meletakkan Laptop di Atas tempat tidur
laptop blank

Ketika laptop sedang dinyalakan, otomatis setiap komponen hardware pada perangkat tersebut juga akan bekerja untuk membantu kinerja laptop. Artinya, komponen atau hardware yang bekerja terus-menerus akan membuat komponen tersebut menjadi panas.
Suhu panas itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa meletakkan laptop di atas kasur sangat dilarang. Pasalnya, hal ini dapat membuat aliran udara laptop menjadi terhambat dan suhu panas akan mengendap ke dalam komponen-komponen laptop. Sehingga hal tersebut diyakini akan memperpendek usia laptop itu sendiri.
3. Jangan Memasang Charger Terlebih Dulu Sebelum Disambungkan ke Listrik

Memasang charge ke laptop terlebih dahulu baru kemudian menyambungkannya ke listrik adalah salah satu kebiasan kecil yang ternyata memiliki dampak negatif untuk perangkat laptop itu sendiri. Pasalnya, loncatan arus pada saat charge pertama kali disambungkan ke listrik itu sangat tidak stabil. Dan jika anda melakukan cara tersebut secara rutin maka cepat atau lambat motherboard laptop anda akan mengalami kerusakan.
Adapun cara yang benar adalah menyambungkan charge ke listrik terlebih dulu, lalu kemudian memasangnya ke laptop anda. Cara ini dilakukan guna menghindari loncatan arus yang tidak stabil ketika pertama kali charge disambungkan ke listrik.
4. Jangan Menggunakan Laptop Tanpa Baterai Kemudian di Charger

Menggunakan laptop tanpa baterai dalam kondisi dicharger memang bisa dilakukan. Mungkin cara ini dimaksudkan pengguna untuk membuat usia baterai laptop tahan lama. Akan tetapi cara ini diyakini menyalahi aturan. Sebab arus listrik yang tidak teratur bisa menyebabkan korsleting, dan pastinya hal itu akan merusak motherboard laptop anda. Itulah alasan mengapa menggunakan laptop tanpa baterai lalu dicharger sangat tidak dianjurkan.
5. Charger Laptop Saat Daya Hampir Habis

Mengisi daya baterai laptop memang seharusnya selalu dilakukan dan kegiatan ini sangat penting guna menghindari kehabisan daya saat laptop dibawa bepergian. Namun ada baiknya ketika pengguna ingin mengisi daya baterai, pastikan baterai laptop kita tersebut benar-benar hampir habis yakni hanya tersisa 10 persen atau kurang.
Pengguna sangat tidak dianjurkan melakukan pengisian daya saat baterai laptop kosong, tapi jangan pula mengisi daya jika baterai laptop masih tersisa di atas 30 persen. Karena hal itu diyakini dapat membuat baterai cepat rusak dan kemampuan dalam menyuplai daya semakin berkurang.
Maka demikian, aturan dalam melakukan pengisian daya sebaiknya perlu diperhatikan agar baterai laptop dapat berusia panjang.
6. Jangan Membongkar Laptop Sendirian

Ketika laptop bermasalah ataupun sedang rusak maka pengguna sangat tidak sarankan untuk membongkar laptop maupun komputer sendirian, terkecuali anda memang mempunyai keahlian di bidang tersebut. Namun apabila anda tidak ahli, sebaiknya perbaiki laptop di service center resmi atau orang yang memang mempunyai keahlian dalam melakukan reparasi laptop.
Terlepas dari itu, membongkar laptop sendirian tanpa tahu ilmu yang mempuni dan alat yang lengkap, tentu saja akan membuat laptop anda rusak bahkan bertambah rusak.
Mungkin itulah 6 kebiasaan kecil yang membuat laptop cepat rusak dan kerap diabaikan pengguna.
Share This :
my activity